Wednesday 17 September 2014

CLTS langkah-langkahnya

LANGKAH FASILITASI DI MASYARAKAT

1. PERKENALAN DAN PENYAMPAIAN TUJUAN
Perkenalkan terlebih dahulu anggota tim fasilitator dan sampaikan tujuan bahwa tim ingin "melihat" kondisi sanitasi dari kampung tersebut. jelaskan dari awal bahwa kedatangan tim bukan untuk memberikan penyuluhan apalagi memberikan bantuan.Tim hanya ingin melihat dan mempelajari bagaimana kehidupan di masyarakat, bagaimana masyarakat mendapatkan air bersih, bagaimana masyarakat melakukan kebiasaan buang air besar, tanyakan apakah masyarakat mau menerima tim dengan tujuan dan maksud tersebut.

2. BINA SUASANA
untuk menghilangkan jarak antara fasilitator dan masyarakat sehingga proses fasilitasi berjalan lancar, sebaiknya lakukan pencairan suasana.pada saat itu temukan istilah setempat untuk tinja misalnya ;cirikdll.

3. ANALISA PARTISIPATIF DAN PEMICUAN
memulai proses pemicuan di masyarakat, yang diawali dengan analisa partisipatif misalnya melalui pembuatan peta desa/dusun/kampung yang akan menggambarkan wilayah BAB masyarakatnya.

4. TINDAK LANJUT OLEH MASYARAKAT
jika masyarakat sudah terpicu dan kelihatan ingin berubah, maka saat itu juga susun rencana tindak lanjut oleh masyarakat. semangati masyarakat bahwa mereka dapat 100% terbebas dari kebiasaan BAB di sembarang tempat

5, MONITORING
lebih kepada"Memberikan energi" bagi masyarakat yang sedang dalam masa perubahan d bidang sanitasinya.


No comments:

Post a Comment