Thursday 30 October 2014

Kategori Bahan Beracun Berbahaya (B3)

Cara menentukan sesuatu bahan, limbah atau zat dapat dikategorikan bahan beracun dan berbahaya dapat dilihat dari beberapa hal :
1. Memancarkan Radiasi
Bahan yang memancarkan gelombang elektromagnetik atau partikel radioaktif yang mampu mengionkan secara langsung atau tidak langsung materi bahan yang dilaluinya, misalnya: Ir192,I131,Tc99,Sa153,Sinar X, Sinar alfa, sinar beta, sinar gamma, dll.

2. Mudah Meledak
Bahan yang mudah membebaskan  panas dengan cepat tanpa disertai pengimbangan kehilangan panas, sehingga kecepatan reaksi, peningkatan suhu dan tekanan meningkat pesat dan dapat menimbulkan peledakan. Bahan mudah meledak apabila terkena panas, gesekan atau bantingan dapat menimbulkan ledakan.

3. Mudah Menyala atau Terbakar
Bahan yang mudah membebaskan panas dengan cepat disertai dengan pengimbangan kehilangan panas, sehingga tercapai kecepatan reaksi yang menimbulkan nyala. Bahan mudah menyala atau terbakar mempunyai titik nyala (flash Point) rendah (21 derjat Celcius).

4. Oksidator
Bahan yang mempunyai sifat aktif mengoksidasikan sehingga terjadi reaksi oksidasi, mengakibat reaksi pengeluaran panas (aeksothermis)

5. Racun
Bahan yang bersifat beracun bagi manusia atau lingkungan yang dapat menyebabkan kematian atau sakit yang serius apabila masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan kulit atau mulut.

6. Korosif
Bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, menyebabkan proses pengkaratan pada lempeng baja (SAE 1020) dengan laju korosi lebih besar dari 6,35 mm/tahun dengan temperatur uji 55 derjat celcius, mempunyai PH sama atau kurang dari 2 (asam), dan sama atau lebih dari 12,5 (basa).

7. Iritasi
Bahan yang dapat mengakibatkan peradangan pada kulit dan selaput lendir

8. Iritasi
bahan yang dapat mengakibat peradangan pada kulit dan selaput lendir

9.Teratogenik
Sifat bahan yang dapat mempengaruhi pembentukan dan pertumbuhan embrio

10. Mutagenik
Sifat bahan yang dapat mengakibatkan perubahan kromososm yang dapat berpengaruh pada genetika

11. Arus Listrik
Mengandung arus listrik.


No comments:

Post a Comment