Kegiatan Perbaikan Kinerja
1. monitoring dan penilaian kerja
2. analisis kerja
3. penyusunan rencana perbaikan
4. pelaksanaan perbaikan
5. evaluasi
Langkah-Langkah Perbaikan Kinerja
A. Langkah I
- Melaksanakan Dokumentasi Kinerja
pengawas mendokumentasikan bidang-bidang menyangkut kinerja karyawan yang perlu dilakukan perbaikan, dalam pendokumentasian masalah kinerja supervisor harus objektif, faktual dan spesifik dan memberikan contoh untuk lebih memperjelas masalah kinerja. Dalam pendokumentasian kinerja hal-hal yang mencakup :
Pengembangan rencana aksi
penetapan rencana aksi sementara untuk perbaikan, yang dapatdisesuaikan berdasarkan umpan balik dari karyawan ketika pertemuan/rapat. bekerja-sama bisa mempercepat penyelesaian masalah karyawan.
tujuan harus spesifik, terukur dan akurat, relevan dan ada timeline penyelesaian.
C. Langkah 3
Peninjauan Rencana Kinerja
1. monitoring dan penilaian kerja
2. analisis kerja
3. penyusunan rencana perbaikan
4. pelaksanaan perbaikan
5. evaluasi
Langkah-Langkah Perbaikan Kinerja
A. Langkah I
- Melaksanakan Dokumentasi Kinerja
pengawas mendokumentasikan bidang-bidang menyangkut kinerja karyawan yang perlu dilakukan perbaikan, dalam pendokumentasian masalah kinerja supervisor harus objektif, faktual dan spesifik dan memberikan contoh untuk lebih memperjelas masalah kinerja. Dalam pendokumentasian kinerja hal-hal yang mencakup :
- informasi karyawan
- tanggal yang relevan
- keterangan kinerja (perbedaan atau kesenjangan)
- deskripsikan kinerja yang diharapkan
- deskripsi kinerja aktual
- deskripsi konsekuensi
- rencana aksi
- tanda tangan kesepakatan manajer dan karyawan
- evaluasi rencana aksi dan rencana perbaikan kinerja secara keseluruhan
B. Langkah 2
penetapan rencana aksi sementara untuk perbaikan, yang dapatdisesuaikan berdasarkan umpan balik dari karyawan ketika pertemuan/rapat. bekerja-sama bisa mempercepat penyelesaian masalah karyawan.
tujuan harus spesifik, terukur dan akurat, relevan dan ada timeline penyelesaian.
C. Langkah 3
Peninjauan Rencana Kinerja
- sebelum pertemuan dengan pegawai pimpinan harus mengkonfirmasi dengan profesional dibidangnya
- dokumentasi kinerja dinyatakan dengan jelas tanpa melibatkan emosi
- spesifik, terukur dan timeline
- terjadwal ex. 60 hari
D. Langkah 4
- pertemuan dengan karyawan
- dimungkinkan merubah rencana aksi perbaikan kinerja setelah dapat masukan dan tanggapan karyawan
- penandatanganan kesepakatan
E. Langkah 5
Follow Up
- penetapan pertemuan rutin (mingguan/bulanan)
- mendiskusikan dan dokumentasi kemajuan
- karyawan diberi kesempatan bertanya, mendapatkan bimbingan, klarifikasi dan ekspektasi kerja yang diharapkan
- sediakan alat/ pelatihan yang diperlukan
F. Langkah 6
jika seorang karyawan tidak mampu memperbaiki kinerja atau menolak untuk berkomitmen untuk perbaikan kinerja, maka harus dilakukan pertimbangan pengalihan jabatan/kerja, penurunan pangkat atau skorsing.
ketika karyawan tidak menunjukkan beberapa perbaikan tetapi masih memungkinkan untuk pencapaian beberapa atau semua tujuan perbaikan kinerja. maka hal yang bisa dilakukan;
jika seorang karyawan tidak mampu memperbaiki kinerja atau menolak untuk berkomitmen untuk perbaikan kinerja, maka harus dilakukan pertimbangan pengalihan jabatan/kerja, penurunan pangkat atau skorsing.
ketika karyawan tidak menunjukkan beberapa perbaikan tetapi masih memungkinkan untuk pencapaian beberapa atau semua tujuan perbaikan kinerja. maka hal yang bisa dilakukan;
- jika karyawan sudah berusaha melakukan perbaikan kinerja tetapi tidak bisa mencapai atau lebih tujuan, masih bisa dipertimbangan perpanjangan masa kerja.
- jika pimpinan merasa tujuan kinerja yang dicapai terlalu tinggi maka dipertimbangkan untuk menghapus dari tujuan akhir perbaikan kinerja.
- jika karyawan memang tidak cocok untuk posisi kerja yang sekarang, dipertimbangkan untuk penugasan kembali, penurunan jabatan, atau penhentian hubungan kerja.
Faktor yang mempengaruhi kinerja
- harapan tugas yang jelas
- umpan balik yang jelas
- lingkungan fisik, alat yang tepat, persedian dan ruang kerja
- motivasi dan insentif yang didapat karyawan
- keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk pekerjaan itu.
No comments:
Post a Comment