Tuesday 17 September 2013

Grease Trap Solusinya Masalah Limbah di Indonesia

Grease Trap merupakan istilah yang masih asing bagi kita, tetapi alat ini merupakan alat yang sangat penting keberadaannya. Alat ini dapat dijadikan salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan limbah di Indonesia. Seandainya para pemimpin kita mau memanfaatkan.
Berdasarkan terjemahan bahasanya. Grease berarti minyak,lemak sedangkan Trap adalah penangkap,pengumpul. Sehingga dari terjemahan bahasanya dapat kita menarik kesimpulan, bahwa alat ini didisain untuk menangkap,mengumpulkan lemak dan minyak.
Lemak dan minyak yang bersumber dari dapur rumah tangga, restoran/rumah makan, hotel dan berbagai aktifitas masak-memasak yang memakai minyak dibuang secara langsung ke riol-riol terbuka. lama kelamaan akan terjadi proses dekomposisi oleh bakteri, karena lemak dan minyak berasal dari bahan organik yang mudah membusuk. Proses pembusukan ini akan menimbulkan warna yang hitam pekat dan menghambat proses penyerapan air limbah oleh tanah. sehingga tidak asing lagi kita temui di kota-kota di indonesia keadaan seperti gambar berikut.
Riol kota yang tergenang apalagi dipenuhi oleh sampah pada akhirnya jentik-jentik nyamuk akan bersarang disana, penyakit malaria dan demam berdarah tidak akan pernah lenyap di indonesia. Apabila datang hujan air riol ini akan meluap, menimbulkan bau yang busuk bahkan bisa sampai menimbulkan banjir.

Pada dasarnya cara kerja alat ini sangat sederhana, bisa dibuat dari besi plat, fiber,plastik, atau juga bisa dibuat secara permanen dari beton. pada gambar pertama grease trap dibuat dari besi plat. bilik pertama merupakan tempat untuk menyaring sisa potongan sayuran, nasi atau sampah yang bisa menyumbat aliran air yang masuk ke dalam grease trap, alat ini bisa diangkat dan apabila sudah penuh bisa langsung dibuang ke ke tempat sampah.

Pada bilik kedua, terjadi proses pembentukan padatan lemak dan minyak, karena sifatnya minyak dan lemak tidak akan bercampur dengan air, dalam waktu seminggu akan terbentuk padatan. sedangkan air limbah yang tidak mengandung lemak dan minyak bisa langsung dialirkan ke riol kota.

padatan lemak dan minyak tersebut dapat kita angkat dan dipisahkan, kemudian dapat dikubur ke dalam tanah sehingga air limbah yang dihasilkan dapat diminimalisir baunya. sehingga air limbah yang bebas dari minyak dan lemak ini akan mudah diserap oleh tanah dan tidak akan terjadi genangan air. sebaiknya air limbah jangan dialirkan ke sungai. 

1 comment:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover

    Balas

    ReplyDelete