Thursday 26 September 2013

Rumah Layak Huni Masih Jauh Dari Kenyataan

Setiap keluarga pasti menginginkan memiliki sebuah rumah yang layak huni. Setiap mereka memiliki kriteria masing-masing tentang rumah impiannya. Ada yang mengatakan rumah yang akan mereka tempati haruslah rumah yang memiliki halaman yang luas yang ditumbuhi aneka tanaman  buah atau tanaman hias, ada yang menginginkan rumah dengan ruangan yang luas, dan ada juga yang lebih memilih tinggal di apartemen lengkap dengan semua fasilitas yang disediakan. Tetapi penulis seribu persen tidak ada yang menginkan tinggal dirumah seperti ini, kecuali kalau sudah tidak waras lagi.
Inilah salah satu rumah layak huni yang kami temui di sebuah desa di Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, ketika rombongan Tim Verifikasi Penerima Bantuan Program Seribu Jamban Kota Sawahlunto Tahun 2013 survei ke lapanagan. sebenarnya masih banyak rumah yang tidak layak huni yang kami temui, bahkan dengan kondisi yang lebih parah. Rata-rata rumah layak huni tidak ada yang berlantaikan tanah, tetapi dari penampilannya sungguh tidak layak untuk ditinggali. Tapi apa daya inilah rumah yang kami punya untuk berlindung dari panas dinginnya cuaca.

Kami bukanlah orang pemalas, kata mereka. Memang betul yang mereka katakan karena tiap rumah diKecamatan Silungkang aktif melakukan kegiatan kerajinan seperti tenunan, dan aneka macam kerajinan. Tiap rumah membuat industri rumah tangga  berupa kerupuk ubi, tetapi karena bahan baku didatangkan dari luar maka keuntungan yang diperoleh hanya cukup untuk makan. apalagi untuk membuat rumah layak huni, untuk memperbaiki saja kami tidak bisa.

Pemerintah Kota Sawahlunto Mulai dari Tahun 2008 melaksanakan program 1000 jamban. Dengan cara memberikan keluarga yang belum memiliki jamban terutama keluarga miskin (Gakin) untuk memiliki jamban sederhana yang sudah merupakan jamban leher angsa dengan septik tank. Program 1000 jamban ini bertujuan untuk merubah perilaku buang air besar sembarangan(BABS) menjadi buang air besar di jamban yang memenuhi kriteria kesehatan. Tujuan akhirnya penyakit yang berhubungan dengan tinja manusia  seperti diare dapat dibasmi.

No comments:

Post a Comment