Monday 22 February 2016

Ustadz Peduli Kesehatan dan Kebersihan


Ustadz ataupun ulama adalah pewaris nabi, melalui ceramah dan pengetahuan yang dimiliki mereka sangat menentukan mau kemana umat ini akan dibawa nantinya. Peran ustad ataupun penceramah sangat vital sekali. Apa yang mereka katakan sangat didengarkan oleh umatnya. Siapa yang menentang apa yang disampaikan ustadz, selagi yang disampaikan adalah jalan yang lurus (ihdinassirotal mustaqim) wajib diikuti oleh umatnya.

Umat islam di indonesia adalah mayoritas, bahkan negara dengan populasi umat islam yang terbesar didunia. Namun miris rasanya, diakui maupun tidak diakui kehidupan kita belum mencerminkan orang yang beriman. Dalam hadist nabi dikatakan " Kebersihan adalah sebagian dari iman " yang artinya tanda yang menunjukkan kita memiliki kualitas iman yang tinggi dicirikan dari kebersihan baik dari segi jasmani dan rohani.

Mesjid sebagai sarana untuk ibadah biasanya dibuat, disertai dengan tempat berwudu dan toilet/kakus, dengan tujuan orang yang sholat bisa berwudu dan apabila terasa buang air besar/kecil bisa juga disana dan itu gratis. Alhasil orang yang tidak bertujuan sholat yang hanya mau BAB/BAK singgah di mesjid. Toilet mesjid sering tidak terurus. Saran saya sebaiknya mesjid tidak menyediakan toilet atau kakus atau kalau mau juga sediakan toilet/kakus tetapi harus ditertibkan pemakaiannya. berikut hal-hal yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan kebersihan.
1. jangan sediakan toilet/kakus di mesjid yang terbuka begitu saja, yang bisa saja orang yang tidak bertanggung jawab BAB dan BAK disana tanpa menyiram.
2. Toilet yang ada sebaiknya dikunci dan jika ada orang yang memerlukan mendesak bisa meminjam kuncinya pada gharim mesjid.
3. Sebaiknya mesjid dihindarkan dari menarik uang kebersihan, karena bisa juga menjadi lahan bisnis. kurang nyaman rasanya tiap kemesjid kita harus bayar tiga hal (uang kebersihan, uang parkir kendaraan, uang penitipan sandal/sepatu).
4. Jika harus meyediakan tempat sampah, sebaiknya harus ada tutupnya dan jaraknya minimal 8 meter dari bangunan inti mesjid/musholla.
5. Untuk umat islam jika anda memiliki niat sholat/beribadah sambil istirahat dan buang air masih dipersilahkan. yang salahnya jika anda berniat sebaliknya. Mohon dijaga sarana ibadah kita tetap bersih.
6. Mesjid sebaiknya diberi pagar, karena mungkin saja binatang ternak bahkan anjing  bisa mendekat ke mesjid
7. Sebaiknya umat memiliki jamban leher angsa dan septik tank sendiri dimiliki di rumah masing2 karena masih ditemui masih ada masyarakat yang belum memiliki jamban dan masih buang air besar di sungai, kebun. atau juga septiktanknya tidak ada, buangan tinjanya masuk ke sungai/got. (lihat data SKDRT Kemenkes).

Hal ini kami berharap banyak kepada ustadz ataupun ulama dalam ceramahnya juga mengajak masyarakat untuk menghindari point diatas yang berdampak terhadap image kita sebagai umat islam. Selebihnya tidak ada niat untuk memberikan kesan tidak baik tetapi sebagai suatu saran untuk perbaikan


No comments:

Post a Comment