Wednesday 4 February 2015

KKG PKK KB-Kesehatan

              

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dengan 10 program pokoknya bertujuan  untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Untuk mewujudkan hal tersebut diatas, dilakukan antara lain melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah. Program Keluarga Berencana dan Pembangunan Kesehatan Nasional  yang terkait erat dengan 10 program Pokok PKK khususnya program ke 7,9 dan 10 ( Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat). Kegiatan ini telah dilaksanakan  secara nyata dan bertahap dan menunjukan hasilnya serta telah mendapatkan pengakuan yang luas. Meskipun demikian Gerakan PKK masih tetap perlu dimantapkan agar lebih dapat meningkatkan peranannya memberdayakan keluarga dalam Program Keluarga Berencana dan Pembangunan Kesehatan Nasional sebagai landasan untuk membangun keluarga kecil yang sehat dan berkualitas.

Dalam mendukung Program Keluarga Berencana dan Pembangunan Kesehatan Nasional, pada dasarnya gerakan PKK telah dan akan senantiasa melaksanakan bahkan meningkatkan perannya. Untuk lebih meningkatkan efisiensi serta kesinambungan pelaksanaan program, maka seperti tahun tahun sebelumnya upaya tersebut tetap dilaksanakan dengan periode waktu khusus dalam bentuk intensifikasi lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan Kesehatan melalui “Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan” . Kegiatan yang telah dimulai  sejak tahun 1994 ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK tanggal 27 Desember 2014. Dengan dukungan keterpaduan  lintas sektor, kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan intitusi KB-Kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Upaya yang dilakukan secara terpadu dengan melibatkan masyarakat antara  lain pemberian pelayana KB gratis melalui program KB, pengembangan dasawisma, melalui program PKK, pengembangan posyandu mandiri melalui program posyandu,, peningkatan dan pengembangan sanitasi dasar  melalui program kesehatan lingkungan, pengembangan dan peningkatan Rumah Tangga berPHBS melalui program PHBS dan pengembangan program pemberdayaan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat.

Pelaksanaan KKG PKK KB-Kesehatan  difokuskan pada 4 (empat) indikator yakni PKK-KB, Posyandu, Lingkungan Bersih dan Sehat serta PHBS. Keempat indikator ini dijabarkan dalam berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga bulan)  dari Oktober s/d Desember.

No comments:

Post a Comment