Sunday 22 February 2015

Tips Meminimalkan Kelelahan Pada Pekerjaan Seputar Komputer

Keberadaan perangkat komputer di kantor merupakan hal yang sangat penting guna memudahkan administrasi perkantoran. seorang pekerja bisa melakukan aktifitas berjam-jam didepan layar komputer, dikejar oleh target yang harus diselesaikan. Tubuh memberikan respon dengan menunjukkan kelelahan setelah bekerja, jika ini terakumulasi bertahun-tahun maka dapat menimbulkan stress bagi pekerja. stress yang ditimbulkan kadang bukan hanya berupa fisik bahkan menimbulkan dampak negartif bagi kejiwaan.

Pekerjaan yang dilakukan dengan komputer tidak akan menimbulkan stress apabila pekerja diajarkan cara-cara yang benar dalam bekerja antara lain, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan disiapkan oleh pemberi kerja:
  • menyiapkan sarana tempat bekerja yang bersih dan nyaman seperti ; menyediakan lemari arsip, tempat sampah pakai tutup, pengharum ruangan, peralatan kebersihan, penyedot debu, pengaturan jarak antar meja karyawan, untuk pekerjaan yang menimbulkan kebisingan disediakan peredam suara dan lainnya.
  • penyediaan perangkat yang ergonomis seperti posisi komputer harus disejajarkan dengan posisi duduk, mouse dan keyboard yang mudah dijangkau, jarak monitor dengan pekerja berkisar 45 s/d 70 cm, tinggi monitor sejajar dengan mata sehingga pekerja tidak perlu menunduk yang dapat menimbulkan kelelahan.
  • Mengatur jam kerja, waktu istirahat dan beban kerja. hal ini perlu dilakukan jika jam kerja karyawan yang berlebih, waktu istirahat yang kurang dan beban kerja yang berlebih bisa menimbulkan penurunan produktifitas kerja. jika seseorang karyawan memiliki beban kerja yang berlebih maka perlu dilakukan pendistribusian kerja atau mencarikan partner yang bisa membantu.
  • Ajarkan cara peregangan sederhana yang bisa dilakukan sambil duduk tanpa harus meninggalkan ruang kerja seperti, peregangan jemari, menggerakkan leher dan kepala secara memutar, mengepalkan tangan kemudian lemaskan, istirahatkan mata dengan memejamkan minimal 1 menit atau lebih setelah bekerja selama satu jam.

No comments:

Post a Comment