Wednesday 26 November 2014

PERSYARATAN RUANG STERILISASI DAN PENYIMPANANNYA

Semua alat yang telah disterilkan harus disimpan dengan baik untuk menjaga tingkat sterilitasnya. Simpanlah di dalam tempat yang bersih dan kering dan terlindung dari benda tajam atau hal-hal lain yang dapat merusak pembungkus.

Tempat untuk penyiapan peralatan, pembungkusan, proses sterilisasi, penyimpanan dan distribusi merupakan daerah terbatas dalam arti tidak semua orang dapat memasuki daerah tersebut. Sistem ini membutuhkan tambahan kompresor udara atau nitrogen begitu pula tambahan listrik, outlet, dan beberapa stop kontak dinding. Adapun persyaratan ruangan sterilisasi adalah sebagai berikut:
  • dinding dan lantai harus kokoh
  • mempunyai ventilasi
  • temperatur berkisar 18 - 22 derajtcelc
  • penerangan yang memadai
  • mempunyai tempat untuk cuci tangan
  • daerah persiapan, distribusi, serta dekontaminasi sebaiknya terpisah
  • daerah sterilisasi sebaiknya jangan berdekatan dengan tempat pencucian atau persiapan linen
  • tempat penyimpanan bahan telah disteril harus kering, bersih, mempunyai ventilasi, mempunyai lemari untuk penyimpanan.
peralatan yang akan digunakan harus dibedakan dengan bahan yang kotor, bahan yang tercemar dan harus telah dibersihkan. peralatan didekotaminasi sebelum disiapkan dan dikirim untuk sterilisasi. Begitu pula untuk beberapa peralatan yang baru dibeli sebaiknya disteril dahulu sebelum dipakai kecuali sudah ada tanda bahwa peralatan tersebut telah steril.

Berbagai peralatan bedah, dan peralatan yang membutuhkan perlakuan khusus harus dibedakan. Pembersihan dengan air akan membantu menghilangkan kotoran prosesnya dapat dilakukan dengan tangan langsung atau secara mekanik. Air hangat dan deterjen dapat membantu untuk pembersihan peralatan dilihat apakah terjadi keretakan, kerusakan, dan harus dikeringkan sebelum disteril.

Sistem pengepakan harus memperhatikan :
- harus semudah mungkin uap panas mengalir
- dapat mencegah mikroorganisme masuk setelah steril
- tidak sobek dan ada celah setelah steril
- peralatan yang disteril haus tahan terhadap temperatur panas

No comments:

Post a Comment