Tuesday 25 November 2014

Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL)

Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL) sangat besar pengaruhnya guna menghindarkan sarana air bersih terutama sumur gali dari resiko pencemaran. Apabila sudah terdapat sarana SPAL untuk menjaga agar tetap berfungsi dengan baik, maka harus dilakukan pembersihan dengan cara :a. Periksa lubang saluran dan bak kontrol secara teratur setiap hari, bial ada kotoran yang tersangkut pada saringan seperti daun, kertas, plastik dsb, ambil segera dan dibuang ditempat sampah
b. Sekali waktu, gelontorkan air dengan tekanan. agar tidak terjadi penyumbatan oleh tanah yang terbawa air limbah.

Jenis SPAL
a. SPAL terbuka, keluar airnya bisa dilihat. kelebihannya bisa cepat dibersihkan ketika tersumbat. tetapi apabila tidak mengalir dengan lancar atau karena penuh oleh air hujan. maka akan terjadi pencemaran lingkungan disertai bau . biasanya sarana dibuat dengan cor beton.
b.SPAL tertutup, air dialirkan melalui pipa besi/PVC dan biasanya keluar air tidak bisa dilihat. kekurangan susah dibersihkan apabila terjadi penyumbatan. kelebihannya bau dapat diminimalisir. biasanya SPAL ini dibuat pada bangunan yang bertingkat.

Pemanfaatan SPAL rumah tangga sebaiknya
1. memperhitungkan  kualitas/jumlah air yang dialirkan disesuaikan dengan, besar/lebar, kedalaman, kemiringan SPAL agar tidak ada air yang tergenang yang bisa menjadi tempat bertelurnya nyamuk.
2. air limbah dari dapur sebaiknya diolah terlebih dahulu pada bak penangkap lemak (grease trap) sebelum dialirkan ke SPAL rumah tangga.
3. Air kotor dari WC/Kakus tidak boleh dialirkan melalui SPAL rumah tangga.

Cara pemeliharan SPAL
Pemeliharaan SPAL dilakukan agar sarana dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, pemeliharaan dapat dilakukan oleh individu atau secara gotong royong.
a. perbaiki segera SPAL yang bocor/pecah. jika sumur resapan tidak berfungsi dengan baik segera perbaiki atau buat sumur resapan yang baru.
ciri SPAL berfungsi dengan baik, ketika terjadi penggelontoran, air limbah mengalir dengan lancar diserap melalui lubang penggelontoran
b. untuk jenis SPAL terbuka sebaiknya jarak dari sumber air bersih berupa sumur gali dengan jarak minimal 10 meter.
c. Perbaiki saluran yang tersumbat, apabila lakukan penggelontoran dengan air bertekanan tinggi untuk melepas sumbatan. atau bila perlu buat by pass, saluran baru.
d. buat saringan pada tiap lubang penggelontoran untuk, menghindari masuknya bahan yang bisa menyumbat SPAL ( kertas tissue, rambut rontok, dll)





No comments:

Post a Comment