Thursday 22 January 2015

Bahaya Kertas Koran Pembungkus Gorengan

Setiap sudut dengan mudah kita menemui tukang gorengan. Melihat aneka jenis makanan gorengan memang menggugah selera sebagai pelengkap minum kopi di sore hari. Mulai dari goreng tahu, tempe dan pisang mampir sebentar di mulut.

Sensasi mengunyah kerak goreng mampu menghilangkan beban pikiran sesaat. Dari yang tua sampai yang muda menyukai gorengan. Inilah keunikan dari indonesia, makan gorengan sudah menjadi budaya.

Tidak ada yang salah dengan gorengan apabila dimakan tidak secara berlebihan. Tetapi perlu diperhatikan, jangan sekali-kali membeli gorengan yang dibungkus atau beralas kertas koran bekas.

Setiap gorengan tentu mempunyai kandungan minyak, apabila terkena kertas koran bisa melarutkan tinta dari kertas koran bekas. Dalam hal ini kandungan tinta kertas koran yang dengan secara tidak sadar termakan oleh kita dapat menimbulkan bahaya.

Efeknya baru bisa dirasakan bertahun-tahun kemudian. Pada tinta kertas koran terkandung zat kimia berbahaya (Pb). Pb termasuk logam berat apabila terakumulasi pada tubuh bisa menimbulkan efek,antara lain.
*merusak sistem syaraf jika terakumulasi dalam jaringan halus dan tulang dalam jangka waktu yang lama
*mempengaruhi fungsi kognitif dan kemampuan belajar
*menghambat pertumbuhan tinggi badan
*menurunkan fungsi pendengaran
*mempengaruhi perilaku dan intelegensia
*merusak fungsi organ tubuh (ginjal,reproduksi)
*meningkatkan tekanan darah
*mempengaruhi perkembangan otak
*anemia pada ibu hamil
*terakumulasi pada ASI
*memperpendek umur sel darah merah
*penurunan jumlah sperma
*resiko keguguran

No comments:

Post a Comment