Friday 23 January 2015

Musim Hujan Datang Demam Berdarah Berkembang

Sesuai dengan judul diatas, sudah menjadi tradisi ketika musim hujan datang maka penyakit demam berdarah (DBD) mulai berjangkit. Bahkan sampai menimbulkan korban jiwa apabila terlambat ditangani. Keterlambatan kadang disebabkan karena gejala awal mirip dengan demam biasa saja.

Sekarang kita coba menganalisa apakah memang hujan yang membawa penyakit atau perilaku kita yang tidak sehat. Yang sebenarnya terjadi adalah hujan adalah rahmat tuhan yang diperuntukkan bagi kita manusia. Tetapi timbulnya wabah demam berdarah disebabkan perilaku kita.

Perilaku kita, membuat peternakan larva aedes di drum penampung air. Pot bunga yang tanahnya sudah tidak mampu lagi menyerap air. Semua dapat kita lihat di gambar dibawah ini.

Sangat mudah untuk menyalahkan petugas kesehatan. Gambar yang anda lihat dibawah ini, sesudah petugas berbusa-busa mulutnya mengajak warga untuk melaksanakan 3M. Ketika fogging sudah dilaksanakan, bahkan sudah ada korban nyawa. Kalau begini haruskah petugas kesehatan turun kerumah warga untuk menutup drum atau kegiatan pencegahan lainnya. DBD sangat berkaitan juga dengan tingkat kepedulian warga dan juga lintas sektor. Tanpa itu mustahil DBD dapat dikurangi...

No comments:

Post a Comment