Thursday 29 January 2015

Makanan Bersih, Sehat dan Halal

Ketika memilih suatu makanan kita tidak boleh hanya memikirkan rasa saja. Kebersihan dan makanan tidak berdampak negatif bagi kesehatan bagi yang memiliki riwayat penyakit khronis tertentu perlu dipertimbangkan.

Bagi seorang muslim ditambah lagi yaitu makanan yang dimakan harus halal. Yang dimaksud halal itu bukan hanya halal bahan bakunya (misal ayam) tetapi juga hewan tersebut harus disembelih dengan nama Allah Swt.

Siapa yang tidak suka melancong keluar negeri, dan mencoba kuliner khas negara tersebut. Walaupun bahan bakunya sama tetapi teknik pengolahan dan bumbu yang dipakai menyebabkan cita rasa yang khas. Tapi sekali lagi bagi seorang muslim yang bepergian ke negara mayoritas nommuslim harus lebih hati-hati.

Alasannya adalah jika anda makan ayam goreng di restoran nonmuslim, apakah anda yakin ayam yang dimasak tersebut disembelih dengan nama Allah (bismillah), kalau tidak berarti statusnya sama dengan bangkai. Jika ragu sebaiknya jangan dimakan. Saran ini ditujukan bagi saudara yang muslim saja.

No comments:

Post a Comment