Tuesday 27 January 2015

Batu Akik Bisa Menjadi Media Penumpukan Bakteri

Memang benar batu akik sekarang lagi booming, batu akik yang biasa dipakai oleh akik-akik (kakek) sekarang digemari juga oleh anak muda. Harganya mulai puluhan ribu bahkan sampai puluhan juta. Batu akik jika dipakai untuk keindahan tidak menjadi masalah.  Yang tidak boleh mempercayai batu akik mempunyai kekuatan itu bisa membawa umat islam pada kesyirikan

Tak ada larangan untuk memakai batu akik. Yang perlu diperhatikan beberapa hal yang bisa merugikan kesehatan berikut ini:
* bersihkan batu akik anda setiap hari dengan sabun anti septik. Cincin pengikat batu biasanya memiliki tekstur dan lubang-lubang yang bisa menjadi tempat penumpukan daki, keringat, tinja, bahan makanan.

* untuk para pengolah makanan yang bekerja di dapur, ketika bekerja sebaiknya dibuka dulu karena cincin pengikat yang terbuat dari logam ketika bersentuhan dengan bahan makanan, akan terjadi reaksi kimia yang dapat merugikan kesehatan.

* sering-sering cium cincin batu akik anda, jika ada bau yang tidak sedap berarti sudah ada penumpukan bakteri.

* sikat setiap hari cincin akik anda dengan sikat gigi agar tetap bersih. Terutama anda yang memakai pada sebelah kiri, waktu cebok bisa saja ada tinja melekat.

* bagi yang memakai cincin akik di sebelah kanan, sebaiknya gunakan sendok garpu ketika makan.

No comments:

Post a Comment