Monday 12 January 2015

Debu Sumber Masalahnya

Debu merupakan partikel padat yang melayang di udara. Ukurannya kira-kira 500 mikrometer. Debu bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bersifat akut yang sering dikenal dengan ISPA.
Penumpukan debu di paru-paru bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Debu juga menjadi kendaraan kuman penyakit untuk menyerang sistem pernafasan kita.
Waspadailah beberapa perabotan rumah tangga yang menjadi tempat penumpukan debu.
* ventilasi
Ventilasi fungsinya adalah jalur keluar masuknya udara kedalam rumah. Jika ventilasi ada penumpukan debu, maka udara yang masuk rumah sudah tidak bersih lagi. Bersihkanlah minimal sekali sebulan ventilasi anda, apalagi kalau ventilasi dipasangivkasa nyamuk.
* kipas angin
Biasanya debu menumpuk pada bagian kipasnya. Bersihkanlah dengan kain lap, gunakanlah kipas angin yang mudah dibersihkan yang mudah dijangkau dan dibongkar pasang.
* lemari
Gunakan lemari yang rendah agar bagian atasnya mudah dibersihkan. Lemari yang banyak detail ukirannya bersihkan dengan kuas. Jadwalkan minimalkan 2 kali setahun untuk membersihkan bagian bawah dan belakang lemari.
* dipan
Bagian kolong dipan sering menjadi tempat penumpukan debu, karena sukar dijangkau. Sebaiknya gunakan saja kasur gulung ( kasur jepang) atau springbed
* karpet
Bagian bawah karpet
* peralatan elektronik
Televisi, kulkas, speaker pada bagian dalam dan belakangnya debu sering menumpuk. Gunakan vacum cleaner mini portable untuk membersihkannya.
* lukisan dan foto dinding
Bagian belakang dan kacanya harus sering-sering anda bersihkan.
* AC
Jika anda memasang AC dirumah sebaiknya harus sering diservis karena bagian dalam sering banyak debunya.
Jika anda sering melakukan pembersihan debu, maka anda dijamin akan jarang terkena ISPA (flu, pilek).

No comments:

Post a Comment