Friday 9 January 2015

Kandang Dekat Rumah


Menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat kita membuat kandang dekat dengan rumah. Pada rumah kayu dan rumah tradisional dengan sengaja dibuat kandang berada dibawah lantai rumah. Lantai rumah sengaja ditinggikan sekitar melebihi satu meter, sesuai dengan jenis ternak yang dipelihara. kalau kambing atau ayam dipelihara di bawah lantai rumah kayu. kalau jenis sapi dengan sengaja membuat suatu kandang khusus karena memang tidak memungkinkan untuk dipelihara dibawah rumah.

Tujuan masyarakat untuk membuat kandang ternak dekat dengan rumah ataupun menyatu dengan rumah antara lain :
  • memudahkan dalam pemeliharaan karena berada pada jangkauan penglihatan
  • untuk menjaga ternak dari ancaman pencuri ternak
  • kadang hanya untuk sekedar hoby guna menghilangkan stress, ternak yang berada dekat dengan rumah dapat setiap hari diperhatikan.
memelihara ternak tidak ada salahnya, malah dianjurkan untuk menambah penghasilan keluarga, penyediaan kebutuhan akan daging ataupun untuk sekedar hoby. Jika dipelihara dekat dengan rumah ini yang menjadi masalah.

Kandang ternak akan bau oleh kotoran dan air kencing ternak. Sisa makanan yang kecil-kecil yang tidak dimakan oleh ternak lama-lama akan busuk. hal ini akan mendatangkan lalat, nyamuk serangga dan juga tikus. Binatang-binatang tersebut seperti kita ketahui adalah vektor penyakit yang berhubungan dengan lingkungan. Angin yang berhembus juga melalaui kandang juga bisa menerbangkan kuman/virus penyakit yang berbahaya seperti SARS, Flu burung/babi dan lainnya.

Sebaknya kandang ternak yang ada dibangun minimal 500 meter dari rumah, jika tidak memungkinkan maka buatlah kandang yang tidak menempel pada bangunan rumah, jika tidak memungkinkan juga maka rajin-rajinlah melakukan desinfeksi (membasmi kuman) yang terdapat pada kandang ternak.

Cara melakukan desinfeksi, jangan pikirkan untuk membeli zat khusus yang tentunya akan menambah biaya pengeluaran lagi. caranya cukup dengan mengambil AIR DETERJEN SISA MENCUCI PAKAIAN. air deterjen tersebut bisa disemprotkan atau dibilaskan ke kandang ternak. dengan begitu minimal dampak negatif kandang ternak dekat rumah dapat dikurangi.

No comments:

Post a Comment