Friday 9 January 2015

MANFAAT PEROKOK

Bagi orang yang bukan perokok, ketika ada yang merokok didekatnya pasti akan sangat mengganggu. Pilihannya adalah menghindar atau marah-marah. Kadang terjadi pertengkaran sepasang kekasih atau suami istri, karena ada salah satu yang merokok. Ditambah lagi kampanye dinas kesehatan tentang bahaya perokok pasif (bukan perokok tetapi secara tidak sengaja menghirup asap rokok) bagi kesehatan.

Sebenarnya, para perokok ini juga bermanfaat. Saya teringat pepatah minang" nan buto pahambuih lasuang, nan pakak pambuni badia" bagi yang bukan orang minang terjemahannya kira-kira begini. Setiap orang itu pasti ada gunanya sesuai penempatannya.

Kalau ada orang merokok didekat anda, maka manfaatkanlah.
1. Ketika anda berkemah di hutan yang banyak nyamuknya. Maka mereka bisa menjadi pengganti obat nyamuk bakar. Didekat mereka anda relatif aman dari gigitan nyamuk.

2. Ketika hidangan makanan dikerubungi lalat. Segeralah anda melirik sekitar anda. Apakah ada yang merokok. Tanyakan apakah rokok mereka ada campuran cengkehnya. Kalau ada segera anda minta rokoknya, lalu buka kertas pembalut rokoknya. Kemudian tebarkan cengkeh dan tembakaunya didekat piring hidangan yang banyak dikerubungi lalat. Mudah-mudahan lalat segera kabur...

No comments:

Post a Comment