Friday 19 December 2014

BANJIR DAN PENYEBABNYA


Banjir suatu musibah yang kejadiannya selalu terulang-ulang, tetapi sampai sekarang belum ada solusi yang tepat untuk masalah yang satu ini. sebenarnya penyebab banjir disebabkan faktor alam dan juga perilaku manusia. berikut beberapa faktor penyebab banjir bersumber dari perilaku manusia.
  1. ketidakdisiplinan masyarakat dalam membuang sampah, mulai dari yang kecil (bungkus permen) sampai kepada yang besar-besar (kasur dan sofa bekas dibuang ke sungai)
  2. belum tegaknya peraturan atau sangsi terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan. biasanya dipasang aturan yang kurang realita seperti hukuman denda sekian juta atau kurungan penjara bagi yang membuang sampah sembarangan. sebaiknya berikan sangsi/peraturan yang realita misalnya; setiap orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan didenda sebesar Rp.10.000 yang pengawasannya bisa dibantu oleh Satpol PP sebagai penegak PERDA.
  3. kesalahan penyusunan sistem tata kota, sehingga tidak ada lagi sumber daerah resapan air (solusinya bila memungkinkan membuat situ/waduk atau dengan pembuatan biopori skala kecil. Bisa saja dilakukan dengan mewajibkan setiap gedung-gedung membuat biopori dan taman.
  4. salah kaprahnya dalam pemanfaatan sistem drainase, yang dimaksudkan disini adalah pencampuran antara saluran drainase kota yang sebaiknya hanya peruntukan untuk air hujan tetapi disana juga dijadikan aliran limbah masyarakat.
  5. tidak adanya aturan tentang pembatasan penggunaan bungkus plastik oleh pemerintah. dibandingkan dengan sampah organik, lebih cepat diterima oleh alam walaupun dibuang oleh masyarakat secara sembarangan, bahkan bisa memberikan dampak yang positif bisa menjadi kompos.tetapi bungkus plastik akan sukar terurai akan meyumbat saluran drainase sehingga ketika terjadi hujan akan cepat terjadi genangan air.
  6. masih adanya jalan aspal yang tidak rata dengan kemiringan yang sesuai (Minimal 2 % mengarah ke arah riol ),sehingga ketika hujan, terdapat genagan air diatas aspal jalan.
  7. tidak adanya kegiatan untuk perawatan terhadap pendangkalan riol kota yang disebabkan endapan tanah dan sampah.
Mungkin ini sedikit sumbangan pikiran mengenai penyebab masalah banjir di kota-kota di indonesia, semoga ini menjadi tambahan informasi bagi para pengambil keputusan baik tingakat nasional sampai kedaerah-daerah.

No comments:

Post a Comment