Sunday 7 December 2014

PHBS DI SEKOLAH

PHBS ( perilaku hidup bersih dan sehat) di sekolah sangat penting dilakukan di sekolah, ada banyak perilaku yang bisa diterapkan seperti;
1. Mencuci tangan dengan air bersih, mengalir dan memakai sabun.
Media cuci tangan disesuaikan dengan kemampuan sekolah, minimal disediakan gayung, ember tempat air bersih dan penampung air sisa.
2. Belanja pada warung yang sehat, yang menjual makanan secara tertutup, menjual makanan yang tidak mengandung pewarna, pengawet, penjual selalu menjaga kebersihan diri, pakaian dan warungnya.
3. Membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah tersedia disetiap ruangan yang menghasilkan sampah, tempat sampah memiliki tutup, terbuat dari bahan anti karat, mudah dibersihkan, bisa diangkat oleh satu orang. Dilarang membakar sampah disekolah, untuk sampah yang mudah membusuk setiap hari harus dibuang. Alangkah baiknya disekolah dilakukan pembuatan kompos dan bank sampah.
4. Melaksanakan kegiatan olahraga di sekolah, agar siswa selalu bugar
Kalau bisa setiap pagi maksimal 5 sampai 10 menit saja
5. Pengukuran tinggi badan dan berat badan untuk mengetahui status gizi dan tumbuh kembang anak.
6. Bebas asap rokok, sebaiknya dipasang poster kawasan anti rokok. Kalau ada guru atau pengunjung yang merokok di kawasan ini, dikenakan sangsi dan denda.
7. Lakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk). Dengan menerapkan 3M ( menutup, menimbun, menguras) di sekolah setiap satu kali seminggu
8. BAB ( buang air besar ) di jamban yang ada septik tank. Sebaiknya dilaksanakan piket membersihkan wc/kamar mandi agar tumbuh rasa tanggung jawab untuk memelihara sarana jamban yang ada. Apabila tidak ada air sebaiknya sarana dikunci sampai tersedia air.

No comments:

Post a Comment