Tuesday 2 December 2014

TEMPAT SAMPAH DAN PENGANGKUTANNYA

Setiap hari manusia dalam melakukan kegiatannya selalu menghasilkan sampah. Berbagai jenis sampah dapat meneyebabkan masalah mulai dari mengurangi keindahan, menimbulkan bau, bahkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Tempat sampah sangat memegang peranan penting sebagai tempat pengumpulan sampah. Sering ditemui penempatan tempat sampah dan bentuk tempat sampah tidak sesuai dengan persyaratan yang semestinya.

Sampah biasanya ditampung ditempat sampah untuk beberapa lama. selama proses penyimpanan beberapa serangga dan tikus dapat menjadi vektor yang menjadi perantara pereindahan penyakit ke manusia. Berikut adalah pedoman untuk tempat sampah

PERSYARATAN BAK PENAMPUNG SAMPAH DI UNIT PRODUKSI
minimal memenuhi persyaratan sebagai berikut
  1. bahan tidak mudah berkarat
  2. kedap air, terutama untuk menampung sampah basah
  3. memiliki tutup yang rapat
  4. mudah dibersihkan
  5. mudah untuk dikosongkan atau diangkut
  6. tidak menimbulkan bising
  7. tahan terhadap benda tajam dan runcing
KANTONG PLASTIK PELAPIS DALAM BAK SAMPAH
untuk memudahkan pengososngan dan pengangkutan, penggunaan kantong plastik pelapis dalam bak sampah sangat disarankan. Kantong plastik tersebut membantu membungkus sampah waktu pengangkutan sehingga mengurangi kontak langsung mikroba dengan manusia, mengurangi bau, menambah keindahan dan memudahkan untuk membersihkan tempat sampah.

Penggunaan kantong plastik pelapis tempat sampah sangat disarankan untuk sampah yang dihasilkan oleh laboratorium klinis. Ketebalan plastik disesuaikan dengan jenis sampah yang akan dibungkus. untuk benda tajam semuanya dimasukkan dalam safety box.  kadang-kadang karena kurang kehati-hatian petugas dapat cedera oleh karena tertusuk benda tajam. jarum suntik yang dimasukkan ke safety box dibakar di incinerator.

PENGANGKUTAN SAMPAH DALAM GEDUNG
pengangkutan sampah dimulai dengan pengosongan bak sampah di setiap unit dan diangkut ke tempat pemusnahan. pengangkutan biasanya menggunakan kereta ukuran sedang.
Kereta adalah alat angkut yang umum yang sering digunakan. hal yang perlu dipertimbangkan yaitu
  • penyebaran tempat penampungan sampah
  • jalur jalan 
  • jenis dan jumlah sampah
  • jumlah tenaga dan sarana yang tersedia
persyaratan kereta pengangkut sampah
- permukaan bagian dalam harus rata dan kedap air
- mudah dibersihkan
- mudah diisi dan dikosongkan

Tempat penampungan sampah sementara
untuk sampah medis setiap hari harus dikosongkan dan dibawa ketempat pemusnahan. penempatan bisa di dalam dan diluar gedung dengan memperhatikan keindahan. dari bentuknya, ukurannya dan penempatan.

PENGANGKUTAN SAMPAH KE TEMPAT PEMBUANGAN
Kendaraan yang dugunakan hendaknya mudah untuk dibongkar-muat. Ruang sopir memiliki sekat pembatas. semua petugas harus menggunakan peralatan proteksi. kontainer yang telah digunakan harus dibersihkan dan dicuci dengan deterjen. kendaraan pengangkut dipasang kode/ tanda peringatan. bila terjadi tumpahan akibat kecelakaan, harus segera ditangani. semua petugas yang terkait dalam pengelolaan sampah harus ikut dalam setiap kegiatan pengangkutan. Pengawas  wajib
mengiangatkan jika terjadi kesalahan petugas kebersihan yang menyalahi prosedur, mengingat dampak yang ditimbulkannya bagi masyarakat.

No comments:

Post a Comment