Sunday 21 December 2014

PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN DENGAN AIR (water borne diseases)

Air sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, sebaliknya apabila air tidak memenuhi persyaratan kesehatan dapat juga memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan manusia. Air yang tidak memenuhi syarat merupakan media yang baik untuk penularan penyakit. Penyakit-penyakit tersebut dapat dibedakan menjadi 4 (empat) kelompok :

1. Water Borne Diseases
adalah penyakit-penyakit yang ditularkan langsung melalui air minum, dimana air minum yang mengandung kuman patogen terminum oleh manusia sehingga bisa sakit.
penyakitnya antara lain; Cholera, Typhoid, Dysentri, Hepatitis dan Gastroenteritis.

2. Water Washed Diseases
adalah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh karena kurangnya air untuk pemeliharaan hygiene perorangan. penyakit ini sering terjadi pada daerah beriklim tropis.
penyakitnya dapat dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok :

a. penyakit infeksi saluran pencernaan
salah satu penyakit infeksi pencernaan adalah diare, penyakit ini dapat menular melalui air dan juga alat-alat dapur yang dicuci dengan air yang tidak memenuhi syarat air bersih.
penyakitnya ; Cholera, typhoid, dysentri, hepatitis.

b. Penyakit infeksi kulit dan selaput lendir
penyakit ini dapat ditularkan karena kurangnya penyediaan air untuk kebersihan pribadi. penyakitnya antara lain; penyakit kulit, conjuctivitis (trachoma) dsb.

c. Penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh insekta pada kulit dan selaput lendir.
insekta parasit akan mudah berkembangbiak dan menimbulkan penyakit apabila kebersihan perseorangan tidak terjamin, karena kurangnya air. penyakitnya : scabies (kudis), louse borne relapsing fever dsb.

3. Water Based Diseases
adalah penyakit yang ditularkan oleh bibit penyakit yang sebagian siklus hidupnya di dalam air. penyakitnya; Schistosomiasis.

4. Water Related Insects Vectors
penyakit yang ditularkan melalui vektor yang hidupnya tergantung pada air. penyakitnya ; malaria, demam berdarah, dengue, filariasis, yellow fever, dsb.


No comments:

Post a Comment