Thursday 4 December 2014

SUMUR YANG MEMENUHI SYARAT KESEHATAN

Sumber air bersih dengan cara menggali permukaan tanah hingga kedalaman tertentu, sampai menemukan mata air yang nantinya digunakan untuk keperluan rumah tangga sangat lazim ditemui di indonesia.

Namun sering ditemui sarana sumur yang tidak memenuhi persyaratan karena memiliki tingkat resiko pencemaran yang tinggi. Seperti dibuat ditepi sungai dengan keadaan air sungai yang tercemar oleh tinja maupun limbah pabrik. Berikut adalah cara yang benar untuk membuat sumur gali

1. Tempatkan sumur agar jauh dari sumber pencemaran seperti septik tang, kali, saluran air limbah rumah tangga, kandang ternak dll

2. Dinding sumur 3 meter bagian atas, harus dibuat dari tembok yang tidak tembus air, agar perembesan air permukaan tidak terjadi

3. Pada dasar sumur, diberi batu kerikil setinggi 50 cm. Gunanya agar dapat menambah kejernihan air. Coba perhatikan sungai yang banyak batunya akan lebih jernih dari sungai tak berbatu.

4. Diatas permukaan tanah dibuat dinding tembok setinggi 1 meter. Agar air tidak masuk dan juga untuk keselamatan.

5. Agar tanah disekeliling sumur di buat dengan kemiringan 2%, kemudian disemen dengan lebar 1,5 meter. Gunanya mencegah air permukaan masuk ke sumur.

6. Sumur diberi atap atau tutup untuk mencegah masuknya air hujan masuk kedal sumur ataupun binatang ternak seperti ayam.

7. Sebaiknya gunakan pompa air. Jika menggunakan ember,  sebaiknya ditaruh di atas dalam keadaan tergantung.

8. Jika membuat kamar mandi didekat sumur, sebaiknya diberi sekat, agar air mandi tidak mencemari sumur.

9. Buatkan saluran limbah dengan pvc atau cor semen. Agar air limbah rumah tangga tidak tergenang di dekat sumur yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

No comments:

Post a Comment