Wednesday 10 December 2014

PEMBASMI HAMA DARI AIR SENI (URINE)


Semua orang yang pernah bergelut dengan tanaman baik itu tanaman hias, maupun tanaman produksi pasti pernah bermasalah dengan hama. Apabila sudah terbentur pasti mempunyai ide untuk membeli pestisida yang tersedia di toko-toko pertanian. tinggal beli saja dan masalah selesai.

Pernahkah anda memikirkan dampak zat kimia tersebut terhadap konsumen ataupun untuk anda sendiri. Pestisida yang digunakan tersebut bisa sangat berbahaya bagi kesehatan baik itu secara akut dan khronis. Mulai sekarang cobalah, renungkan beberapa cara yang mungkin disediakan oleh alam secara gratis bagi kita, walaupun hasil yang didapatkan tidak sedahsyat apabila dibandingkan pestisida buatan pabrik. Semua pilihan tergantung anda.

Pada blog ini, saya ingin membagikan pengalaman seorang petani yang telah berhasil memanfaatkan air kencing (urine), baik itu air seni manusia maupun hewan sebagai pembasmi hama tanaman. alat dan bahan yang perlu anda sediakan adalah sebagai berikut :

ALAT :
  • EMBER PLASTIK (sesuai dengan kebutuhan)
  • KAIN BEKAS
  • BOTOL SPRAY 
BAHAN :
  • AIR SENI (URINE), bisa kencing hewan/manusia
  • GULA AREN
  • JERUK NIPIS
CARA KERJA :
  1. Campurkan air seni dengan dengan air bersih (bukan air PDAM/air yang sudah diberi kaporit). Dengan perbandingan 1 : 20 ( banyaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ember yang dipakai.
  2. Masukkan gula aren yang sudah cair (setelah direbus) secukupnya sampai memberikan warna pada air (jangan terlalau pekat)
  3. Selanjutnya masukkan perasan jeruk nipis secukupnya sampai aroma dari air kencing agak berkurang
  4. Tutup ember yang sudah berisi campuran tersebut dengan kain bekas yang bersih, kalau perlu diikat pada bagian mulut ember dengan karet ban.
  5. setelah 15 hari, baru bisa digunakan. silahkan semprotkan ke tanaman anda yang terkena hama jamur, serangga dll dengan menggunakan Spray.
  6. SELAMAT MENCOBA.........

No comments:

Post a Comment