Tuesday 2 December 2014

LIMBAH KLINIS

Limbah klinis adalah limbah yang berasal dari pelayanan medis, perawatan, gigi farmasi dan yang sejenisnya yang beracun, bersifat infeksius, berbahaya atau bisa membahayakan kecuali jika dilakukan pengamanan tertentu.

BERDASARKAN POTENSI BAHAYA DAPAT DIKATEGORIKAN
- limbah benda tajam
- limbah infeksius
- limbah jaringan tubuh
- limbah sitotoksik
- limbah farmasi
- limbah kimia
- limbah radioaktif

Limbah benda tajam
adalah objek atau alat yang memiliki sudut tajam, sisi, ujung atau bagian menonjol yang dapat memotong atau menusuk kulit, seperti jarum hipodermik, perlengkapan intravena, pipet pasteur, pecahan gelas, pisau bedah. semua benda tajam ini memiliki potensi bahaya dan dapat menyebabkan cedera melalui sobekan atau tusukan. benda tajam tersebut mungkin saja terkontaminasi oleh darah, cairan tubuh, bahan mikrobiologi dan beracun, bahan sitotoksik, bahan radioaktif. limbah benda tajam mempunyai potensi bahaya tambahan yang dapat meyebabkan cedera, infeksi karena mengandung kimia beracun atau radioaktif.

Limbah infeksius
yaitu limbah yang berkaitan dengan pasien yang memerlukan isolasi penyakit menular, limbah laboratorium  yang berkaitan dengan pemeriksaan mikrobiologi dari poliklinik dan ruang rawatan. namun bisa juga ditambahkan bangkai hewan percobaan.

Limbah jaringan tubuh
meliputi organ, anggota badan, darah dan cairan tubuh biasanya dihasilkan pada saat pembedahan atau autopsi. jaringan tubuh yang tampak nyata seperti anggota badan dan plasenta yang tidak memerlukan pengesahan penguburan hendaknya dikemas secara khusus, diberi label dan dibuang ke incinerator dibawah pengawasan petugas berwenang.

Limbah sitotoksik
adalah bahan yang terkontaminasi atau mungkin terkontaminasi dengan obat sitotoksik selama peracikan, pengangkutan atau tindakan terapi sitotoksik.

Limbah farmasi

  1. obat-obatan kadaluarsa
  2. obat-obatan yang terbuang karena Batch yang tidak memenuhi spesifikasi atau kemasan yang terkontaminasi
  3. obat-obatan yang dikembalikan oleh pasien atau dibuang oleh masyarakat
  4. obat-obatan yang tidak lagi diperlukan oleh institusi yang bersangkutan
  5. limbah yang dihasilkan selama produksi obat-obatan
  6. limbah vaksin
Limbah kimia
Limbah kimia dihasilkan dari penggunaan kimia dalam tindakan medis, veterisasi, laboratorium, proses sterilisasi dan riset. pembuangan limbah kimia dalam saluran air kotor dapat menimbulkan korosi pada saluran yang terbuat dari logam, bahkan ada yang bisa meyebabkan ledakan hasil dari reaksi kimia yang tidak bisa dikendalikan. limbah kimia yang tidak berbahaya bisa dimasukkan ke limbah umum. Daur ulang bisa dilakukan apabila memungkinkan.

Limbah radioaktif
adalah bahan yang terkontaminasi dengan radio isotop yang berasal dari penggunaan medis atau riset. limbah ini bisa berasal dari tindakan kedokteran nuklir, radioimmunoassay dan bakteriologi. bisa berupa padat, cair dan gas.

No comments:

Post a Comment